KELAS XI-IPS-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Pembelajaran jarak Jauh google meet mata pelajaran matematika materi program linier :media geogebra dan mathtype

KELAS X-IPS-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER 2021-2022

Pembelajaran jarak jauh (PPJ) media google meet mata pelajarjan matemtika materi pertidaksamaan rasional dan irasional

PPJ KELAS X-MIPA-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Pembelajaran jarak jauh GOOGLE MEET MATERI LOGARITMA: Media Mathtype .

PPJ DARING 19 OKTOBER 2021 KELAS XI-MIPA-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Pembelajaran jarak jauh GOOGLE MEET MATERI TRASNFROMASI GEOMETRI

MENGOPTIMALKAN GOOGLE FORM DENGAN BATASAN WAKTU AWAL dan AKHIR

Menambahakan Apiikasi control accepting response pada di ADD-ON formulir

Selasa, 27 September 2022

SPLTV (SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL) CARA DETERMINAN

SPLTV (SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL)CARA DETERMINAN Sebelum membaca materi SPLTV (SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL)CARA DETERMINAN di bawah ini, sebaiknya para murid tau cara belajar matematika AMATIRPM. Metode belajarnya sangat sederhana: AMATI, TIRU, PRAKTEK, MANDIRI. Simak video cara belajarnya di sini:

  SPLTV (SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL)CARA DETERMINAN

 

Senin, 26 September 2022

Aplikasi Kuartil (Penerapan Kuartil)

 

Sebelum membaca materi Aplikasi Kuartil (Penerapan Kuartil) di bawah ini, sebaiknya para murid tau cara belajar matematika AMATIRPM. Metode belajarnya sangat sederhana: AMATI, TIRU, PRAKTEK, MANDIRI. Simak video cara belajarnya di sini:

  Aplikasi Kuartil (Penerapan Kuartil)

 

Minggu, 25 September 2022

Rumus limit akar pangkat n

 Rumus limit akar pangkat n 




Kamis, 22 September 2022

RUMUS LOGARITMA - PEMBUKTIAN RUMUS & TABEL LOGARITMA

 

Sebelum membaca materi logaritma di bawah ini, sebaiknya para murid tau cara belajar matematika AMATIRPM. Metode belajarnya sangat sederhana: AMATI, TIRU, PRAKTEK, MANDIRI. Simak video cara belajarnya di sini: https://www.goodmansiadari-amatirpm.my.id/2020/09/metode-belajar-matematika-gms.html

  RUMUS LOGARITMA - PEMBUKTIAN RUMUS dan TABEL LOGARITMA Operasi logaritma dan eksponen adalah dua operasi yang saling invers. Ingat kembali : invers dari penjumlahan adalah pengurangan, dan invers dari perkalian adalah pembagian, demikian juga invers dari eksponen adalah logaritma.

 

Minggu, 11 September 2022

Promo Indowebsite

Promo Indowebsite Harga Murah langganan domain dll. Hosting Murah Web Hosting Wordpress Hosting

Jumat, 12 Agustus 2022

TIPS & TRIK JUMLAH DERET CARA INTEGRAL SEGITIGA

TIPS & TRIK MENENTUKAN RUMUS JUMLAH DERET CARA INTEGRAL SEGITIGA Salah satu cara menentukan rumus deret cara "integral segitiga" adalah pendekatan rumus integral tak tentu dalam segitiga dengan menetapkan nilai konstanta hasil integral bernilai nol. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Rumus suku ke-n dalam n di integralkan dalam segitiga;

2. Rumus suku ke-n dari deret terlebih dahalu dikonversikan ke dalam segitiga sesuai defenisi segitiga di bawah ini.;

3. Penulis mengembangakan dan mempublikasikan hasil diskusi cara menentukan rumus deret cara "integral segitiga" dari rekan MGMP MATEMATIKA SMA KABUPATEN JEMBER.;

4. Semoga bermanfaat mohon masukan dan kritisi yang membangun untuk perbaikan tulisan ini.Jika ada sumber yang mendukung tolong diinfokan juga karena diskusi kami hanya berdasarkan ingatan ketika rekan kami mengikuti kegiatan MGMP MATEMATIKA tahun 1990 an di SMAK SANTO PAULUS JEMBER. Terimakasih.;

 

Senin, 13 Juni 2022

Penyebab Sulitnya Seorang Guru Matematika dalam Mengajarkan Materi Matematika Sekolah

Penyebab Sulitnya Seorang Guru Matematika dalam Mengajarkan Materi Matematika Sekolah adalah keabstrakan objek matematika itu sendiri. Menurut R.Soejadi (1999:9-13) karakteristik matematika memiliki objek kajian abstrak, bertumpu pada kesepakatan, berpola pikir deduktif, memiliki simbol yang kosong dari arti, memperhatikan semesta pembicaraan dan konsisten dalam sistemnnya. Ada empat objek matematika yaitu (1) fakta, (2) konsep, (3) operasi ataupun relasi dan (4) prinsip. Fakta (abstrak) berupa konvensi-konvensi yang diungkap dengan simbol-simbol. Konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk menggolongkan atau mengklasifikan sekumpulan objek. Konsep berhubungan erat dengan definisi. Definisi adalah ungkapan yang membatasi suatu konsep. Dengan adanya definisi seseorang dapat membuat ilustrasi atau gambar atau lambang dari konsep yang didefinisikan. Operasi (abstrak) adalah pengerjaan hitung, pengerjaan aljabar dan pengerjaan matematika yang lain. Pada dasarnya operasi dalam matematika adalah suatu fungsi yaitu relasi khusus, karena operasi adalah aturan untuk memperoleh elemen tunggal dari satu atau lebih elemen yang diketahui. Prinsip (abstrak) adalah objek matematika yang komplek. Dari uraian di atas sifat abstrak objek matematika tersebut tetap ada pada matematika sekolah. Hal itu merupakan salah satu penyebab sulitnya seorang guru matematika di sekolah dalam mengajarkan matematika di sekolah. Salah satu strategi yang dilakukan guru matematika harus berusaha untuk mengurangi sifat abstrak dari objek matematika sehingga memudahkan peserta didik menangkap pelajaran matematika di sekolah. Dengan kata lain seorang guru matematika, sesuai perkembangan penalaran peserta didiknya, harus mengusahakan “fakta”, “konsep”, “operasi” ataupun “prinsip” dalam matematika dapat terlihat lebih konkrit. Seorang guru matematika harus berusaha untuk mengurangi sifat abstrak dari objek matematika itu, sehingga memudahkan peserta didik menangkap pelajaran matematika di sekolah. Dengan kata lain seorang guru matematika, sesuai perkembangan penalaran peserta didiknya, harus mengusahakan agar "fakta","konsep", "operasi", ataupun "prinsip" dalam matematika itu terlihat lebih konkret. Dijenjang sekolah dasar (SD), sifat konkret objek matematika itu diusahakan lebih banyak atau lebih besar dari pada di jenjang sekolah yang lebih tinggi. Semakin tinggi jenjang sekolahnya, semakin besar atau semakin banyak sifat abstraknya. Jadi pembelajaran tetap diarahkan kepada pencapaian kemampuan berpkir abstrak para peserta didik. Sumber bacaan: R.Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia (Konstasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.