Minggu, 23 Juli 2023

KESEPAKATAN PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 

KESEPAKATAN KEGIATAN BELAJAR MATEMATIKA

TAHUN PELAJARAN  2023-2024


Pentingnya membuat kesepakatan  pembelajaran di awal tahun pelajaran adalah agar murid mengetahui apa yang akan dilakukan selama satu tahun pelajaran, murid dapat mempersiapkan diri dalam belajar, murid dapat mengontrol waktu belajar dan menggunakan metode belajar mandiri yang cocok dengan kebiasaan belajar murid.

 

Adapun kesempakatan yang saya sampaikan kepada murid untuk kegiatan belajar tahun pelajaran 2023-2024 untuk kelas-kelas yang saya ampu adalah sebagai berikut.


1.Pembelajaran matematika diawali dan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Murid. (Murid yang memimpin doa  berdasarkan urut nomor absen dan memimpin doa sesuai agama dan kepercayaan murid).

2.Murid tidak diijinkan menunggu guru di luar kelas baik setelah istrahat maupun ketika pertukaran jam pelajaran ke pelajaran matematika. Izin minum menunggu guru mapel datang/masuk kelas. 

3.Murid yang masih  berada di luar kelas  sebelum guru masuk kelas wajib mengerjakan soal kuis satu soal di luar kelas dalam  waktu 10 menit dan nilai kuis masuk nilai tugas tanpa ada remidi. 

4.Murid wajib menunggu guru di kelas dan belajar matematika mandiri  berkaitan dengan materi akan dipelajari baru atau materi yang telah dipelajari. Gunakan metode belajar AMATIRPM (Amati Tiru Praktek Mandiri,  Mengubah Bentuk Tidak Mengubah Nilai dan Menambah Sesuatu Tetapi Tidak Mengubah Nilai.

                                                       

5.Jika dalam waktu 10 menit guru belum masuk kelas silakan ketua kelas atau mewakili mengecek di ruang guru atau  melapor ke bagian kurikulum “guru tidak  ada di kelas”. 

6.Penilain Pengetahuan mencakup  tugas, ulangan harian, ulangan blok dan penilaian akhir semester (PAS).

7.Penilain keterampilan mencakup proses murid belajar di kelas / terampil menyelesaikan soal di papan tulis dan trampil menggambar diagram/kurva/grafik yang berkaitan dengan materi matematika yang diberikan/diajarkan kepada murid.

8.Penilaian sikap mencakup sikap tanggung jawab murid dalam pembelajaran  matematika (Doa, 5K:komunikasi - koordinasi - konsultasi - kolaborasi - konfirmasi; Keaktifan murid bertanya, Menjawab pertanyaan guru, Kehadiran, Kelengkapan catatan, Mengerjakan Tugas Mandiri/Kelompok, , Menyelesaikan soal di papan tulis).

9.Murid menyediakan satu buku  untuk catatan matematika (mencatat materi, tugas dan latihan soal) dan wajib melengkapi identitas murid (nama, kelas dan nomor absen cover buku catatan).

10.Guru memberi Informasi kepada murid  rencana ulangan harian minimal satu minggu sebelum pelakasanaan ulangan harian dilaksanakan. Materi ulangan harian bersadarkan kompetensi dasar (KD) pengetahuan dan keterampilan. KKM = 65%  dari skor maksimum dan setara dengan nilai 75. Ulangan wajib menggunakan kertas ulangan.

11.Pelaksanaan kuis tanpa pemberitahuan kepada murid. Kuis dilaksanakan kemungkinan di awal, tengah atau akhir pembelajaran. Nilai Kuis dijadikan nilai tugas. 

12.Murid wajib mematikan Alat Bantu Pendidikan (HP/Laptop) selama pembelajaran kecuali atas izin guru mapel mengatifkannya untuk kegiatan pembelajaran. 

13.Murid yang menyalahgunakan Alat Bantu Pendidikan (HP/Laptop) kena poin pelanggaran sesuai aturan BUKU PRESTASI dan DISIPLIN 

14.Kehadiran murid di kelas dalam satu semester minimal  85% merujuk  aturan BUKU PRESTASI dan DISIPLIN tahan pelajaran 2023-2024.







0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar 5B:
Berbagi Belajar yang Benar dengan Baik & Bermanfaat.