Minggu, 13 September 2020

Metode Belajar Matematika (Oleh: Goodman Siadari)

Metode Belajar Matematika

METODE : AMATIRPM

(Oleh : Goodman Siadari, S.Pd., M.Pd.)



AMATIRPM adalah singkatan dari Amati Tiru Praktek Mandiri.


Ide metode belajar matematika untuk murid  "AMATIRPM" saya lontarkan ketika murid-murid SMA Katolik Santo Paulus Jember oleh Pemerintah Kabupaten Jember dalam hal ini oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember menghimbau aga para murid belajar mandiri dari rumah dan guru mengajar secara online. Kebijakan tersebut untuk menjaga kesehatan para murid guru dan karyawan agar terhindar dari penularan Corona Virus  yang telah Pandemi disebut dengan  Pandemi Covid 19  sejak pada bulan Maret 2020.

Untuk mempermudah dan juga agar murid menarik untuk belajar matematika maka saya berpikir "saya harus mengajari murid bagaimana cara murid untuk belajar matematika" berdasarkan pengalaman dan cara saya mengajar muncul ide metode AMATIRPM adalah salah satu cara untuk membantu murid belajar matematika. Adapun langkah-langkah  cara belajar matematika AMATIRPM  yang dilakukan murid adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan Pengamatan (AMATI). Kegiatan yang dilakukan murid adalah mengamati dengan hati senang (kondisi belajar dirancang komunkatif yang bersahabat) sehingga murid mudah memahami tentang konsep, definisi, rumus, dan contoh soal matematika yang disajikan guru ataupun sumber lain yang dipelajari murid. Indikator murid telah melakukan pengamatan dengan benar adalah murid dapat menceriterakan kembali apa yang telah dilihat dan diamati dengan lancar. Contohnya untuk pengamatan definisi logaritma, murid dapat paham istilah dan syarat yang ada dalam logaritma. Misalanya suatu logaritm bilangan pokoknya a, numerusnya b dan hasilnya x. Jika ditanya ke murid " Apa syarat agar suatu logaritma ada nilainya?" diharapkan murid mampu menjawab dengan benar syarat bilangan pokok a dalah harus bilangan real yang positif dan tidak boleh bernilai satu. Untuk numerus b syaratnya adalah bilangan real yang positif.  Hasil logaritma  x adalah bilangn real (boleh negatif, nol dan positif). Jika dilnjutkan dengan pertanyaan dasar lagi tentang logaritma: Bagamaina cara mengubah bentuk logaritma ke bentuk eksponen maka murid berdasarkan pengamatan dapat menjawab dengan baik bentuk eksponen dari logaritma adalah numerus sama dengan bilangan pokok logaritma dipangkatn hasil logaritma. Jadi murid dalam melakukan pengamatan berhasil membaca simbol matematika dengan benar dan juga memahami makna dari simbol-simbol tersebut.
  2. Melakukan Kegiatan Meniru (TIRU). Belajar itu tidak bisa terlepas dari kegiatan meniru (meniru yang  positif bukan meniru ulangan pekerjaan teman atau mencontek ketika ulangan). Apa yang ditiru dalam belajar matematika? yang ditiru adalah bentuk penulisan yang benar posisi pangkat ditulis benar pada posisi pangkat artinya murid meniru dengan benar penulisan suatu rumus lengkap dengan penulisan operasi dari simbol-simbol rumus. Untuk penulisan rumsu tidak benar atau keliru sudah dapat dipastikah hasilnya adalah salah.
  3. Melakukan Kegiatan Praktek (Praktek). Kegaiatan praktek dalam belajar matematika adalah kegiatan tidak bisa dipisahkan karena tuntutan belajar matematika murid dapat mengerjakan ulang soal matematika berdasarkan konsep, definisi dan sifat dari materi yang telah dipelajari. Setiap pembelajaran matematika waktu yang disedian untuk murid agar berlatih secara individual. 
  4. Melakukan Kegiatan Belajar Mandiri (Mandiri). Puncak kegiatan metode belajar matematika AMATIRPM adalah kemandirian murid (Mandiri). Murid dalam hal ini diharapkan mampu berinovasi dengan cara memodifikasi apa yang telah dipelajari lewat pengamatan, meniru dan praktek tersebut. Metode Mandiri dalam belajar matematika adalah kemampuan murid untuk memahami dan melakukan dan mempraktekkan dengan benar bahwa bilangan, bentuk atau persamaan matematika dapat dibuat ekuivalen (setara atau senilai). Pendidikan matematika sejak SD telah dikenalakan dan diajarkan  guru ke murid konsep bilangan pecahan yang senilai. Proses yang harus sering dilatih dengan teliti dan kemauan melakukan modifikasi dan inovasi belajar matematika adalah mengubah suatu bentuk dalam hal ini bisa  bentuk : bilangan, operasi matematika, persamaan aljabar, persamaan trigonometri, persamaan eksponen dan logarima, juga bentuk bidang gambar dalam bangun ruang tetapi tidak mengubah nilainya. Para murid dimotivasi untuk mampu melalakun mengubah bentuk tetapi tidak boleh mengubah nilai suatu pernyataan matematika. Karena proses penyelesaian matematika arahnya selalu mengubah bentuk dari yang telah diketahui tetapi  tidak mengubah nilainya.

AMATIRPM adalah suatu metode belajar matematika yang menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mengamati adalah kemauan untuk melakukan perhatian penuh terhadap  materi atau konsep yang dilihat/dibaca/diamati sehingga mampu menciptakan kalimat pemahaman secara mandiri tentang materi atau konsep matematika yang dipelajari. Untuk bisa memahami suatu materi lakukan pengamatan yang benar.

2. Meniru adalah perilaku atau usaha  untuk mampu menuliskan ulang rumus atau definisi materi matematika dengan benar dan juga mampu mengerjakan soal matematika dengan konsep yang  homogen dari materi yang telah diamati dengan cara meniru pembahasan penyelesaian. Dalam proses meniru sangat dibutuhkan penalaran logis karena kemampuan meniru adalah adanya aktivitas  kemampuan mengingat apa yang telah diamati, karena meniru tidak hanya sebatas meniru tulisan rumus tetapi juga kemampuan mengingat proses penjabaran suatu konsep. Meniru merupakan  usaha atau tindakan positif untuk mampu mengerjakan ulang contoh soal yang telah dipelajari dengan cara  meniru bukan mencontek atau fotocopy atau sekedar menulis ulang semua pembahasan tetapi adanya kegiatan penalaran logis untuk menerapkan konsep dari proses pengamatan yang telah dilakukan di awal belajar.

3. Praktek adanya kemauan untuk melatih soal-soal matematika  yang konsep materinya  sama tetap type model soal yang heterogen dengan cara menerapkan pemahaman konsep materi dan dan meniru contoh soal pembahasan yang ada. Untuk meningkatkan penalaran wajib melakukan praktek yaitu mengerjakan latihan soal dengan sunguh-sunguh)

4. Mandiri kemauan untuk mengebangkan kemampuan optimal diri dengan melakukan eksplorasi dan inovasi  terhadap konsep materi dan pembahasan soal yang telah di amati, ditiru dan dipraktekkan secara mandiri. Pada tahap ini sangat dibutuhkan penalaran logis, dan keterampilan dalam melakukan operasi matematika yaitu mengubah bentuk operasi matematika tetapi tidak mengubah nilai hasil operasi (UBAH BENTUK TIDAK MENGUBAH NILAI). Untuk meningkatkan kompetensi penalaran logis materi atau konsep yang telah dipelajari wajib melakukan eksplorasi dan inovasi materi secara mandiri dengan tekad yang kuat dan bertanggung jawab.

Metode Belajar Matematika : AMATIRPM  adalah karya inovasi untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika para murid. ( Oleh  Goodman Siadari, S.Pd.M.Pd. adalah  Guru Matematika SMA Katolik Santo Paulus Jember. Dipublikasikan sejak bulan  Maret 2020 membantu murid belajar dari rumah di masa pandemi covid 19 tahun 2020).

Diharapkan murid mampu menerapkan cara belajar matematika AMATIRPM untuk meningkatkan daya nalar, prestasi dan kepribadian murid dari saat ini dan di hari yang akan datang.

Terimakasih telah mengunjugi dan membaca artikel ini. Silakan berikan komentar Anda atau saran Anda bagaimana cara murid belajar matematika agar matematika itu dapat mudah dipahami dan  menarik bagi murid.

 

Apakah Anda ingin berdonasi untuk pengembangan Blog dan Channel YouTube AMATIRPM?

KLIK DI SINI


14 komentar:

  1. Marcellino Wilson Adiartha XII IPS 3 17
    Sudah download pak

    BalasHapus
  2. Berbagi Belajar yang Benar dengan Baik & Bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Melalui WEB ini saya telah dengan mudah mendownload buku paket yang diperlukan selama pembelajaran beberapa bulan kedepan. Mendownloadnya pun tidak perlu menggunakan cara yang ribet.

    BalasHapus
  4. saya sudah mendownload buku matematika wajib kelas 11 dengan lancar pak.
    YORILOLA YOANDA PUTRI XII-IPS 1-32

    BalasHapus
  5. Saya Shellin Charina dari 12 IPS 4 sudah mendownload buku paket kelas 11 Pak

    BalasHapus
  6. Dengan menggunakan metode pembelajaran seperti ini saya lebih mudah memahami pembelajaran matematika yang diberikan. Dan saat mendownload buku paketnya berhasil dengan lancar.
    Fiola Monica Valenia XIIS2/11

    BalasHapus
  7. Saya sudah mendownload buku paket matematika kelas 11 pak

    BalasHapus
  8. Saya Sudah mendownload buku paket matematika kelas 11 dengan lancar
    Veronica Angela H / XII IPS 1/28

    BalasHapus
  9. Saya sudah mendownload buku paket matematika kelas 11
    Ignatius Bernard/XIIA3/12

    BalasHapus
  10. Terimakasih semoga blog ini bisa bermanfaat untuk belajar dan media pembejaran online silakan video2 di channel youtube juga di lihat dan dipejari gunakan metode belajar matematika: AMATIRPM

    BalasHapus
  11. Setuju dengan tindakan yg dilakukan bapak Goodman , ... Btw kadang guru keasyikan mengajar sampai lupa bahwa beberapa siswa butuh dipandu cara belajar yg nyaman ... Sukses selalu utk pak Goodman terima kasih sdh menginspirasi saya 🙂

    BalasHapus

Silakan berkomentar 5B:
Berbagi Belajar yang Benar dengan Baik & Bermanfaat.