KELAS XI-IPS-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Pembelajaran jarak Jauh google meet mata pelajaran matematika materi program linier :media geogebra dan mathtype

KELAS X-IPS-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER 2021-2022

Pembelajaran jarak jauh (PPJ) media google meet mata pelajarjan matemtika materi pertidaksamaan rasional dan irasional

PPJ KELAS X-MIPA-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Pembelajaran jarak jauh GOOGLE MEET MATERI LOGARITMA: Media Mathtype .

PPJ DARING 19 OKTOBER 2021 KELAS XI-MIPA-2 SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Pembelajaran jarak jauh GOOGLE MEET MATERI TRASNFROMASI GEOMETRI

MENGOPTIMALKAN GOOGLE FORM DENGAN BATASAN WAKTU AWAL dan AKHIR

Menambahakan Apiikasi control accepting response pada di ADD-ON formulir

Jumat, 05 Mei 2023

Rumus Jumlah Pangkat Tiga Untuk Tiga Suku

 Penjabaran Rumus Jumlah Pangkat Tiga Untuk Tiga Suku

Konsep penjabaran adalah:

1. Gunakan rumus jumlah pangkat  tiga untuk dua suku 

2. Gunakan sifat operasi penjumlahan pengelompokan (assosiatif) dari tiga suku menjadi dua suku

    (a + b + c) = [ (a+b) + c]

3.  Simak penjabaran rumus jumlah pangkat tiga di bawah ini.

Penjabaran rumus jumlah pangkat tiga dari tiga suku


Apakah Anda ingin berdonasi untuk pengembangan Blog dan Channel YouTube AMATIRPM?

KLIK DI SINI


Minggu, 19 Maret 2023

TIPS & TRIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS

Hosting Murah

Promo web hosting murah dan domain

TIPS & TRIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang guru adalah berikut ini.

1.Memahami isi modul sesuai mata pelajaran yang diajarkan yang ditugaskan.

2.Melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan modul dan mematuhi urutan dalam skenario pembelajaran di kelas yang telah disusun. 

3.Memberikan contoh panutan bagi murid, baik dalam hal disiplin, berperilaku, cara memberikan pertanyaan, cara memberikan umpan balik, memberikan motivasi, maupun penguasaan materi pembelajaran di kelas. 

4.Memanggil nama murid untuk mengurangi ketegangan.

5.Mengurangi penjelasan definisi, menjawab pertanyaan, dan memberikan konfirmasi, tetapi wajib melibatkan murid secara aktif dalam mencari, menggali data, menganalisis alternatif temuan, memecahkan masalah, mengambil keputusan atau simpulan. 

6.Memotivasi murid untuk mengambil kesimpulan sendiri, menanyakan argumentasinya mengapa murid mengambil simpulan itu, menguatkan dan menekankan simpulan itu.

7.Memberikan kesempatan yang sama kepada semua murid baik laki-laki maupun perempuanyang memiliki keterbatasan berbicara, yang minoritas, yang pendiam, yang tua, dan sebagainya.

8.Mengaktifkan murid untuk menjawab pertanyaan murid lain.

9.Menghindari hal-hal berikut ini.

a.Menjawab pertanyaan yang tidak dipahami maksudnya.

b.Menjawab pertanyaan yang tidak diketahui jawabnya.

c.Menjawab pertanyaan yang tidak perlu dijawab.

d.Terpancing dalam perdebatan dengan murid yang dapat mengakibatkan habisnya waktu.

e.Berperan sebagai orang yang serba tahu.

10.Mengajukan pertanyaan yang dapat dijawab murid sesering mungkin (jangan pertanyaan yang sulit dijawab atau terlalu mudah dijawab murid).

Oleh: Goodman Siadari. Guru Matematika SMAK SANTO PAULUS JEMBER

Disadur dari

MATERI PELATIHAN GURU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013



Cloud Hosting

Rabu, 08 Maret 2023

Strategi Belajar Meningkatkan Kompetensi Diri

 Strategi Belajar Meningkatkan Kompetensi Diri

Strategi belajar mengaktifkan murid meningkatkan kompetensi diri. Strategi MERDEKA belajar

Mulai dari diri untuk belajar, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demontrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, Aksi Nyata.

Metode belajar mulai dari diri, belajar mandiri. Metode belajar AMATIRPM Amati, Tiru, Praktek. Mandiri.

Metode belajar meningkatkan kualitas diri . Metode belajar 5K Komunikasi, Koordinasi Konsultasi, Konfirmasi, Kolaborasi.

Metode belajar bersama/di ruang kelas. Metode 3M Mendengar, Melihat, Mengikuti. dalam setiap aktivitas pembelajaran.

Metode belajar meningkatkan pengetahuan. Metode belajar 6M Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalis, Mengevaluasi, Mencipta.

#motivasi_diri_belajar

Butuh Private Les Online Matematika? 

Selasa, 14 Februari 2023

Metode & Strategi Belajar

 Strategi mengaktifkan murid dalam belajar.

Membimbing murid untuk aktif belajar yang dimulai dari diri sendiri


Mulai dari diri untuk belajar

Eksplorasi konsep

Ruang Kolaborasi

Demontrasi kontekstual

Elaborasi pemahaman

Koneksi antar materi

Aksi Nyata


Membudayakan 5K dalam berinteraksi

Komunikasi

Koordinasi

Konsultasi

Konfirmasi

Kolaborasi

dan membudayakan 3M dalam belajar bersama

Melihat

Mendengar

Mengikuti 

Terapkan Metode belajar Mandiri  AMATIRPM

Tumbuhkan Motivasi belajar dari diri Anda sendiri dengan menerapkan meotode belajar AMATIRPIM dan membudayakan kebiasan strategi belajar 3M dan 5K

Silakan klik banner di bawah ini untuk simak video

Metode Belajar AMATIRPM

Silakan simak video ini

Untuk memantapkan pemahaman anda metode belajar amatirpm

KLIK Prev atau Next pojok kanan bawah  Melihat Video Konsep Pindah Ruas Operasi Matematika

Klik Trigonometri pojok kanan bawah belajar trigonometri  
Belajar Trigonometri

Terimakasih semoga bermanfaat.

Salam dari Goodman Siadari Guru Matematika SMA Katolik Santo Paulus Jember

©2023 By Goodman Siadari

Sabtu, 11 Februari 2023

Keistimewaan pemfaktoran dari selisih pangkat n

 

Apakah Anda ingin berdonasi untuk pengembangan Blog dan Channel Youtube AMATIRPM?

KLIK DI SINI


 

BARU   

Keistimewaan pemfaktoran dari selisih pangkat n

Tips dan triknya adalah ganti peubah dari masing-masing suku dan faktor dari rumus dasar yang diketahui

1. Mengembangkan pemfaktoran dari selisih pangkat 2

2. Mengembangkan pemfaktoran dari selisih pangkat 3

3. Penerapan dalam soal limit aljabar

Silakan simak disini

Terimakasih semoga bermanfaat.

Salam dari Goodman Siadari Guru Matematika SMA Katolik Santo Paulus Jember

©By Goodman Siadari - Februari 2024

Apakah Anda ingin berdonasi untuk pengembangan Blog dan Channel Youtube AMATIRPM?

KLIK DI SINI


Rabu, 18 Januari 2023

Tabel z (Simetris) - Menghitung Luas Daerah di Bawah Kurva Nornal

Tabel z (Simetris) - Menghitung Luas Daerah di Bawah Kurva Nornal Silakan download di sini

 

Apakah Anda ingin berdonasi untuk pengembangan Blog dan Channel Youtube AMATIRPM?

KLIK DI SINI