PJJ KOMBINASI GOOGLE MEET & GOOGLE CLASSROOM DALAM MENGAJAR MATEMATIKA
PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) istilah kegiatan pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) akan efektif jika kolaborasi GM (Google Meet) & GC (Google Classroom) dalam pembelajaran matematika, kendala jika tidak menggunakan GC adalah kesulitan murid menyampaikan pertanyaan berupa soal matematika yang penuh dengan simbolik atau mencoba memberi jawaban dari soal yang ditanyakan oleh guru dan temannya.
Ketika kegiatan PJJ menerapkan GM dan guru berbagi layar sebaiknya guru juga membagikan layar GC. Keuntungan PJJ kolaborasi GM dan GC adalah:
1. Murid dapat bertanya dengan mudah dengan cara menuliskan pertanyaan dan upload pertanyaan di menu FORUM GC.
2. Semua peserta PJJ dapat dengan mudah melihat pertanyaan dari peserta yang lain di menu FORUM GC.
3. Guru dan murid dapat membahas bersama soal tersebut di GM dengan metode presentasi.
4. Para murid tidak harus menulis presentasi dari pembahasan soal, murid cukup fokus melihat dan mengamati presentasi pembahasan soal karena hasil pembahasan soal filenya dapat di upload oleh guru di GC di menu bagian MATERI.
5. Peserta PJJ dapat dengan mudah melihat dan mengakses pembahasan materi di GC yang telah diupload guru.
6. Pada umumnya murid yang mengikuti PJJ dengan media kolaborasi GM dan GC senang karena kegiatan belajar dapat terekan dengan baik dan para murid dapat berinteraksi seperti pembelajaran tatap muka di kelas secaa langsung.
a. Pertanyaan tertulis dapat dilihat di menu FORUM GC (murid atau guru dapat meng-upload pertanyaannya)
b. Jawaban atau pembahasan soal dapat dilihat di menu MATERI GC (Guru wajib upload jawaban)
c. Murid yang mencoba untuk memberi jawabaan atas pertanyaaan yang ada juga dapat menampilkan jawabannya di menu FORUM GC (murid sendiri yang meng-upload jawabannya)
d. Interaksi belajar dibagun komunikatif secara langsung di Google Meet kemudian soal dan pembahasannya terekam dan tersimpan pada GC setelah di upload guru. di menu MATERI GC
Mari "kita" (dibaca para guru) membimbing para murid di Indonesia belajar secara optimal di masa pandemi covid 19 ("belajar nyaman di suatuasi tidak nyaman"), dan kita ajari juga para murid cara belajar sehingga murid belajarnya dapat fokus dan terarah. Cara belajar yang sedang saya terapkan di masa PJJ ini adalah metode belajar AMATIRPM.
Dalam metode belajar AMATIRPM murid diharapkan terlatih untuk melakukan "AMATI TIRU PRAKTEK MANDIRI" dari bahan/material pelajaran dari guru, dan diharapkan ketika praktek mandiri murid juga terlatih melakukan eksplorasi dan invosi mandiri dari materi yang diterima atau dipelajari karena penanaman konsep materi telah dilatihkan melalui proses pengamatan dan meniru dari penjabaran dan penalaran konsep yang disampaikan guru lewat media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Jadi guru mengajar murid belajar dan guru juga kreatif mengajari murid bagaimana cara belajar. Semoga bermanfaat. Mari kita terus bergeliat belajar untuk mengajar dan mengajar untuk yang belajar.
Diharapkan PJJ kombinasi google dan google classroom juga dapat dilatihkan untuk mata pelajaran lainnya setelah membaca artikel sederhana ini.
Selamat melaksanakan PJJ dengan kolaborasi Google Meet dan Google Classrom sehingga layanan yang berfokus pada murid terlayani dan mendukung program mendikbud merdeka belajar.
#merdekabelajar
#belajar dari rumah juga bisa optimal
#metode belajar AMATIRPM